Rabu, 16 November 2016

MANFAAT BUAH SEMANGKA

Definisi Buah Semangka

Buah semangka adalah salah satu jenis buah yang bisa kita temukan mudah di Indonesia. Buah ini bisa ditemukan sepanjang musim, namun biasanya akan sangat manis saat musim kemarau. Varietas asli buah semangka memiliki warna merah dan biji kecil pada bagian dalam dagingnya. Semangka mengandung air dan memiliki rasa yang sangat manis. Sekarang semangka memiliki beberapa jenis seperti semangka tanpa biji, semangka kuning dan lain-lain. Buah semangka bisa dimakan secara langsung atau juga bisa di buat menjadi jus semangka.

Menurut wikipedia bahasa Indonesia buah semangka atau tembikai (Cirtullus lanatus, suku ketimun-timunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan di sangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Kandungan Giri Buah Semangka

Buah semangka memiliki kandungan gizi yang banyak seperti mineral, vitamin, dan zat antioksidan. Berikut ini kandungan gizi yang terdapat pada buah semangka per 100 gram sajian :
  • Kalium 319 mg
  • Fosfor 31 mg
  • Magnesium 30 mg
  • Kalsium 19 mg
  • Sodium 2,9 mg
  • Zat Besi 0,98 mg
  • Selenium 1,2 mcg
  •  Mangan 0,112 mg
  • Tembaga 0,15 mg
  • Seng 0,32 mg
  • Vitamin A 1630 IU
  • Tiamin 0,092 mg
  • Riboflavin 0,09 mg
  • Niasin 0,521 mg
  • Folat 9 mcg
  • Asam Pantotenat 0,654 mg
  • Vitamin B6 0,123 mg
  • Vitamin C 23,4 mg
  • Vitamin E 0,15 mg
  • Vitamin K 0,4 mcg
  • Protein 1,74 g
  • Serat 1,9 g
  • Kalori 85 Kalori
Manfaat Buah Semangka

Semangka menjadi buah yang banyak mengandung sumber nutrisi lengkap. Berikut ini kami paparkan manfaat buah semangka bagi kesehatan kita :

1. Membantu menghindari penuaan dini

Nutrisi yang terkandung pada buah semangka seperti likopen, vitamin A dan vitamin C, mampu menangkal radikal bebas yang menyerang kulit. Paparan sinar matahari langsung pada kulit, menimbulkan garis-garis halus. Zat antioksidan pada semangka membantu timbunan radikal bebas pada tubuh. konsumsilah buah semangka dengan teratur, untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit indah anda.

2. Menjaga kelembaban kulit

Jenis kulit anda kulit kering? Buah semangka dapat dijadikan asupan buah terbaik, karena kadar air yang melimpah pada buah yang satu ini. Selain bisa menjaga kelembaban pada kulit, mengkonsumsi buah semangka juga bisa menghindarkan kita dari dehidrasi.

3. Mencegah peradangan

Peradangan yang terjadi pada organ tubuh bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya. Kandungan senyawa kolin yang ditemukan dalam semangka memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, membantu tubuh untuk menciptakan efek santai, dan memperbaiki ingatan otak. senyawa kolin dalam buah semangka ini, juga memiliki peran untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, membantu mengirim sinyal syarat otak dan motorik serta membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.

4. Mengobati sariawan

Sariawan merupakan benjolan kecil yang terdapat pada lidah ataupun bibir akibat tubuh kekurangan asupan vitamin C yang cukup, serta kehilangan banyak cairan. Untuk itu buah semangka bisa anda jadikan solusi untuk mengobati sariawan dengan cara memakannya langsung ataupun membuatnya menjadi jus. Kandungan vitamin C dan air yang terkandung dalam buah semangka mampu membantu proses penyembuhan luka sariawan dengan membunuh bakteri di mulut serta mengatasi masalah bibir kering.

5. Mencegah penyakit diabetes

Seperti yang kita ketahui semangka adalah salah satu buah yang sangat kaya akan air. Hal tersebut dapat dimanfaatkan bagi para penderita diabetes karena dengan begitu semangka dapat memberi rasa kenyang di tambah lagi semangka termasuk makanan rendah gula dan kalori.

6. Mencegah penyakit kanker

Untuk mencegah penyakit kanker pada tubuh, maka kita diharuskan mengkonsumsi makanan mengandung zat yang dapat memacu pertumbuhan, dan memperbaiki jaringan yang rusak. Di antara zat-zat yang dapat memperbaiki jaringan tubuh yang rusak adalah zat lypocene yang dapat kita temukan pada buah semangka.

7. Mencegah asma

Manfaat buah semangka adalah buah ajaib untuk mencegah penyakit asma. Buah ini tidak menyembuhkan penyakit asma tetapi hanya mencegah untuk tahap gejala atau penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah semangka secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah gangguan pernafasan.

8. Menurunkan tekanan darah

Semangka ternyata juga sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Orang yang memiliki penyakit hypertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah semangka. Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung. Hal inilah yang membuat buah semangka buah yang menyegarkan bagi penderita hypertensi.

9. Memelihara kesehatan ginjal

Kalium yang terkandung dalam buah semangka dapat membersihkan zat-zat racun pada ginjal, sehingga membantu kerja ginjal. Buah semangka juga mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal.

10. Menjaga kesehatan mata

Buah semangka memiliki manfaat yang sangat baik sekali bagi kesehatan mata, ini dikarenakan buah semangka memiliki kandungan vitamin A yang sangat banyak sekali sehingga bisa membantu menjaga kesehatan mata dari penyakit rabun, baik rabun dekat maupun rabun jauh.

11. Mengatasi sembelit

Semangka adalah buah yang mengandung serat dan air yang sangat tinggi. Serat yang terkandung dalam buah semangka mampu mengatasi masalah sembelit terutama karena kekurangan serat larut dalam usus. Serat yang terdapat dalam buah semangka bisa membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.

12. Sumber kolagen alami

Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Manfaat semangka untuk kulit mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C adalah jenis vitamin yang membantu tubuh dalam menyerap kolagen sehingga membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu buah semangka yang memiliki kandungan air yang tinggi akan memenuhi kebutuhan air untuk memelihara sel kulit.

Itulah info seputar manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh kita. Baca juga 15 Manfaat Buah Salak. Semoga bermanfaat, jangan lupa Subscribe ya!!! Terima kasih.

1 komentar:

  1. selain buahnya yang manis dan hampir disukai kalangan jenis semangka juga sangat bermanfaat bagi tubuh

    BalasHapus