Rabu, 19 Oktober 2016

Mencari Jumlah, Rata-rata, Nilai Tertinggi dan Nilai Terendah Secara Otomatis di Microsoft Excel



Pada tutorial kali ini kita akan membuat rumus untuk menghitung jumlah, rata-rata, nilai tertinggi dan nilai terendah secara otomatis. Rumus yang akan kita gunakan adalah sebagai berikut :

SUM
Untuk mencari jumlah
AVERAGE
Untuk mencari rata-rata
MAX
Untuk mencari nilai tertinggi
MIN
Untuk mencari nilai terendah

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan contoh dibawah ini:



1.      Mencari Jumlah
Kita klik pada sel D18 lalu kita ketik =SUM(blok data dari sel D6 sampai D17) hasilnya seperti di bawah ini:
=SUM(D6:D17) 
Lalu tekan enter
 
2.      Mencari Rata-rata
Kita klik pada sel D19 lalu kita ketik =AVERAGE(blok data dari sel D6 sampai D17) hasilnya seperti di bawah ini:
=AVERAGE(D6:D17) 
Lalu tekan enter
3.      Mencari Nilai Tertinggi
Kita klik pada sel D20 lalu kita ketik =MAX(blok data dari sel D6 sampai D17) hasilnya seperti di bawah ini:
=MAX(D6:D17) 
Lalu tekan enter
1.      Mencari Nilai Terendah
Kita klik pada sel D21 lalu kita ketik =MIN(blok data dari sel D6 sampai D17) hasilnya seperti di bawah ini:
=MIN(D6:D17) 
Lalu tekan enter
 
Demikian tutorial mencari jumlah, rata-rata, nilai tertinggi dan nilai terendah secara otomatis.
Semoga bisa bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar