Kamis, 02 November 2017

Cara membuat Sitemap

Azwa Grafis | Anda mau membuat sitemap? Kali ini saya akan membagikan tutorial cara membuat sitemap di blogger.com, tapi sebelum kita masuk ke tutorialnya alangkah lebih baiknya jika anda faham apa yang dimaksud dengan sitemap.

Sitemap atau dalam bahasa Indonesia disebut Peta Situs memiliki peranan yang penting untuk sebuah blog/website. Di dalam sitemap akan memuat semua hasil postingan kita, jadi para pengunjung blog/webisite kita akan lebih mudah untuk melihat apa yang ada didalam blog/website kita. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya.

Oke saya kira cukup sedikit saja penjelasannya tentang pengertian dari sitemap. Untuk melihat contoh hasil sitemap, silahkan lihat gambar dibawah ini.


atau jika Anda ingin melihat hasilnya langsung bisa klik disini. Pada Sitemap postingan kita akan dikelompokkan sesuai label dan urutan abjad.

Berikut cara membuat sitemap :

1. Log in ke akun Blogger anda
2. Buka dashbor Laman
3. Buat Laman baru
4. Pilih mode HTML
5. Pastekan kode dibawah ini:

<script src="https://cdn.rawgit.com/mowdot/mysitemap/master/sitemapku.js"></script>


<script src="https://azwagrafis.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

6. Ganti tulisan yang berwana HIJAU dengan url alamat blog/website Anda
7. Klik Publikasikan

Cukup Mudah Bukan?

Jika anda tidak ingin ada pengunjung yang berkomentar pada laman Sitemap anda anda bisa menonaktifkan komentar.

Demikian tutorial singka, tentang bagaimana cara membuat sitemap. Jika anda merasa ini bermanfaat silahkan share!!

Terima Kasih.

6 komentar:

  1. Thanks Min Atas Informasinya :D ane akhirnya ngerti cara buat sitemap berkat blog ini alhamdullilah :D Salam Sukses Min

    BalasHapus
  2. iya nih gan, ane baru nemu cara simpel. thanks deh

    BalasHapus
  3. Otomatis langsung di update tuh gan?

    BalasHapus